Memasukkan data secara manual dalam sel lembar kerja
Terapkan Ke:
Excel 2016
Excel 2013
Topik ini tidak menjelaskan cara menggunakan formulir data untuk memasukkan data ke dalam lembar kerja. Untuk informasi selengkapnya tentang cara bekerja dengan formulir data, lihat Menambahkan, mengedit, menemukan, dan menghapus baris dengan menggunakan formulir data.
Penting: Jika tidak bisa memasukkan atau
mengedit data dalam lembar kerja, mungkin lembar kerja sudah diproteksi
oleh Anda atau orang lain untuk mencegah agar data tidak diubah secara
tidak sengaja. Pada lembar kerja yang dilindungi, Anda dapat memilih sel
untuk melihat data, tetapi tidak akan dapat mengetikkan informasi dalam
sel yang dikunci. Dalam banyak kasus, sebaiknya perlindungan tersebut
tidak dihapus dari lembar kerja kecuali Anda memiliki izin untuk
melakukannya dari orang yang membuatnya. Untuk melindungi lembar kerja,
klik Buka Proteksi Lembar dalam grup Perubahan pada tab Tinjau.
Jika kata sandi sudah diatur saat perlindungan lembar kerja diterapkan,
ketikkan kata sandi tersebut terlebih dahulu untuk membuka perlindungan
lembar kerja.
Apa yang ingin Anda lakukan?
-
Masukkan teks atau angka ke dalam sel
-
Masukkan angka yang memiliki koma desimal tetap
-
Masukkan tanggal atau waktu dalam sel
-
Masukkan data yang sama ke dalam beberapa sel secara bersamaan
-
Masukkan data yang sama pada beberapa lembar kerja secara bersamaan
-
Menyesuaikan pengaturan lembar kerja dan format sel
Memasukkan teks atau angka di dalam sel
-
Pada lembar kerja, klik sel.
-
Ketikkan angka atau teks yang ingin Anda masukkan, lalu tekan Enter atau Tab.
Untuk memasukkan data pada baris baru di dalam sebuah sel, masukkan hentian baris dengan menekan Alt+Enter.
Memasukkan angka yang memiliki koma desimal tetap
-
Pada tab File, klik Opsi.
-
Klik Tingkat Lanjut, lalu pada Opsi pengeditan, pilih kotak centang Secara otomatis menyisipkan koma desimal.
-
Dalam kotak Tempat, masukkan angka positif untuk digit di sebelah kanan koma desimal atau angka negatif untuk digit di sebelah kiri koma desimal.
Misalnya, jika Anda memasukkan 3 dalam kotak Tempat lalu mengetikkan 2834 dalam sebuah sel, nilainya akan muncul sebagai 2,834. Jika Anda memasukkan -3 dalam kotak Tempat lalu mengetikkan 283, nilainya akan muncul sebagai 283000.
-
Pada lembar kerja, klik sebuah sel, lalu masukkan angka yang Anda inginkan.
Data yang Anda ketik dalam sel sebelum memilih opsi Desimal tetap tidak terpengaruh.
Untuk mengganti sementara opsi Desimal tetap, ketikkan koma desimal saat Anda memasukkan angka tersebut.
Memasukkan tanggal atau waktu dalam sel
-
Pada lembar kerja, klik sel.
-
Ketikkan tanggal atau waktu sebagai berikut:
-
Untuk memasukkan tanggal, gunakan tanda garis miring atau
tanda hubung untuk memisahkan bagian-bagian tanggal, misalnya, ketikkan
5/9/2002 atau 5-Sep-2002.
-
Untuk memasukkan waktu berdasarkan waktu 12 jam, masukkan waktu yang diikuti dengan spasi, kemudian ketik a atau p setelah waktunya; misalnya, 9.00 p. Jika tidak, Excel memasukkan waktu sebagai AM.
Untuk memasukkan tanggal dan waktu saat ini, tekan Ctrl+Shift+; (titik koma).
-
Untuk memasukkan tanggal, gunakan tanda garis miring atau
tanda hubung untuk memisahkan bagian-bagian tanggal, misalnya, ketikkan
5/9/2002 atau 5-Sep-2002.
-
Untuk memasukkan tanggal atau waktu agar tetap terkini saat Anda membuka kembali lembar kerja, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY dan NOW.
-
Bila memasukkan tanggal atau waktu dalam sel, data akan
muncul dengan format tanggal atau waktu default untuk komputer atau
dalam format yang diterapkan ke sel sebelum Anda memasukkan tanggal atau
waktu. Format tanggal atau waktu default didasarkan pada pengaturan
tanggal dan waktu dalam kotak dialog Opsi Wilayah dan Bahasa (Panel Kontrol, Jam, Bahasa, dan Wilayah).
Jika pengaturan di komputer telah diubah, tanggal dan waktu dalam buku
kerja Anda yang belum diformat dengan menggunakan perintah Format Sel akan ditampilkan sesuai pengaturan tersebut.
-
Untuk menerapkan format tanggal atau waktu default, klik sel
yang memuat nilai tanggal atau waktu, lalu tekan Ctrl+Shift+# atau
Ctrl+Shift+@.
Memasukkan data yang sama ke dalam beberapa sel secara bersamaan
-
Pilih sel tempat Anda ingin memasukkan tanggal yang sama. Sel tidak harus berdekatan.
Cara memilih sel
Untuk memilih
Lakukan ini
Sel tunggal
Klik sel, atau tekan tombol panah untuk memindahkan sel.
Rentang sel
Klik sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu seret ke sel terakhir, atau tahan SHIFT sementara Anda menekan tombol panah untuk memperluas pilihan.
Anda juga bisa memilih sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu menekan F8 untuk memperluas pilihan dengan menggunakan tombol panah. Untuk berhenti memperluas pilihan, tekan F8 lagi.
Rentang sel yang besar
Klik sel pertama di dalam rentang, lalu tahan Shift selagi mengklik sel terakhir di dalam rentang. Anda bisa menggulir untuk membuat sel terakhir terlihat.
Semua sel pada lembar kerja
Klik tombol Pilih Semua.
Untuk memilih keseluruhan lembar kerja, Anda juga bisa menekan Ctrl+A.
Jika lembar kerja tersebut berisi data, Ctrl+A akan memilih area saat ini. Menekan Ctrl+A yang kedua akan memilih seluruh lembar kerja.
Sel atau rentang sel yang tidak berdekatan
Pilih sel pertama atau rentang sel, lalu tahan Ctrl sementara Anda memilih sel atau rentang yang lain.
Anda juga dapat memilih sel pertama atau rentang pertama, lalu menekan Shift+F8 untuk menambahkan sel atau rentang yang tidak berdekatan lainnya ke pilihan. Untuk berhenti menambahkan sel atau rentang ke pilihan, tekan Shift+F8 lagi.
Catatan: Anda tidak bisa membatalkan pilihan sel atau rentang sel dalam pilihan yang tidak berdekatan tanpa membatalkan keseluruhan pilihan.Keseluruhan baris atau kolom
Klik judul baris atau kolom.
1. Judul baris
2. Judul kolom
Anda juga bisa memilih sel di dalam baris atau kolom dengan memilih sel pertama, lalu menekan tombol Ctrl+Shift+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
Jika baris atau kolom berisi data, tombol Ctrl+Shift+Panah memilih baris atau kolom untuk sel yang terakhir digunakan. Menekan tombol Ctrl+Shift+Panah yang kedua akan memilih seluruh baris atau kolom.
Baris atau kolom yang berdampingan
Seret melintasi judul baris atau kolom. Atau pilih baris atau kolom pertama, lalu tahan Shift selagi memilih baris atau kolom terakhir.
Baris atau kolom yang tidak berdampingan
Klik judul baris atau kolom pertama di dalam pilihan Anda; lalu tahan Ctrl saat mengklik judul kolom atau baris dari baris atau kolom lain yang ingin ditambahkan ke pilihan.
Sel pertama atau terakhir dalam sebuah baris atau kolom
Pilih sebuah sel di dalam baris atau kolom, lalu tekan tombol Ctrl+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
Sel pertama atau terakhir di lembar kerja atau dalam tabel Microsoft Office Excel
Tekan Ctrl+Home untuk memilih sel pertama pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel.
Tekan Ctrl+End untuk memilih sel terakhir pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel yang berisi data atau pemformatan.
Sel sampai ke sel yang terakhir digunakan di lembar kerja (sudut kanan bawah)
Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+End untuk memperluas pilihan sel sampai sel yang terakhir digunakan pada lembar kerja (sudut kanan bawah).
Sel sampai ke awal lembar kerja
Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+Home untuk memperluas pilihan sel sampai bagian awal lembar kerja.
Lebih banyak atau sedikit sel daripada pilihan aktif
Tahan Shift saat mengklik sel terakhir yang ingin disertakan dalam pilihan baru. Rentang persegi antara sel aktif dengan sel yang diklik menjadi pilihan baru.
-
Dalam sel aktif, ketikkan data, lalu tekan Ctrl+Enter.
Anda juga dapat memasukkan data yang sama ke dalam beberapa sel dengan menggunakan gagang isianuntuk mengisi data secara otomatis dalam sel lembar kerja.
Untuk informasi selengkapnya, lihat artikel Mengisi data secara otomatis dalam sel lembar kerja.
Memasukkan data yang sama pada beberapa lembar kerja secara bersamaan
Dengan mengaktifkan beberapa lembar kerja secara bersamaan, Anda bisa memasukkan data baru atau mengubah data yang sudah ada dalam salah satu lembar kerja, dan perubahan tersebut diterapkan ke sel yang sama pada semua lembar kerja yang dipilih.-
Klik tab lembar kerja pertama yang berisi data yang ingin
Anda edit. Lalu tahan Ctrl saat mengklik tab lembar kerja lain di tempat
Anda ingin menyinkronkan data.
Catatan: Jika tidak melihat tab lembar kerja yang diinginkan, klik tombol penggulir tab untuk menemukan lembar kerja, lalu klik tab-nya. Jika masih tidak dapat menemukan tab lembar kerja yang diinginkan, Anda mungkin perlu memaksimalkan jendela dokumen. -
Pada lembar kerja aktif, pilih sel atau rentang yang datanya ingin Anda edit, baik yang sudah ada maupun memasukkan yang baru.
Cara memilih sel
Untuk memilih
Lakukan ini
Sel tunggal
Klik sel, atau tekan tombol panah untuk memindahkan sel.
Rentang sel
Klik sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu seret ke sel terakhir, atau tahan SHIFT sementara Anda menekan tombol panah untuk memperluas pilihan.
Anda juga bisa memilih sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu menekan F8 untuk memperluas pilihan dengan menggunakan tombol panah. Untuk berhenti memperluas pilihan, tekan F8 lagi.
Rentang sel yang besar
Klik sel pertama di dalam rentang, lalu tahan Shift selagi mengklik sel terakhir di dalam rentang. Anda bisa menggulir untuk membuat sel terakhir terlihat.
Semua sel pada lembar kerja
Klik tombol Pilih Semua.
Untuk memilih keseluruhan lembar kerja, Anda juga bisa menekan Ctrl+A.
Jika lembar kerja tersebut berisi data, Ctrl+A akan memilih area saat ini. Menekan Ctrl+A yang kedua akan memilih seluruh lembar kerja.
Sel atau rentang sel yang tidak berdekatan
Pilih sel pertama atau rentang sel, lalu tahan Ctrl sementara Anda memilih sel atau rentang yang lain.
Anda juga dapat memilih sel pertama atau rentang pertama, lalu menekan Shift+F8 untuk menambahkan sel atau rentang yang tidak berdekatan lainnya ke pilihan. Untuk berhenti menambahkan sel atau rentang ke pilihan, tekan Shift+F8 lagi.
Catatan: Anda tidak bisa membatalkan pilihan sel atau rentang sel dalam pilihan yang tidak berdekatan tanpa membatalkan keseluruhan pilihan.Keseluruhan baris atau kolom
Klik judul baris atau kolom.
1. Judul baris
2. Judul kolom
Anda juga bisa memilih sel di dalam baris atau kolom dengan memilih sel pertama, lalu menekan tombol Ctrl+Shift+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
Jika baris atau kolom berisi data, tombol Ctrl+Shift+Panah memilih baris atau kolom untuk sel yang terakhir digunakan. Menekan tombol Ctrl+Shift+Panah yang kedua akan memilih seluruh baris atau kolom.
Baris atau kolom yang berdampingan
Seret melintasi judul baris atau kolom. Atau pilih baris atau kolom pertama, lalu tahan Shift selagi memilih baris atau kolom terakhir.
Baris atau kolom yang tidak berdampingan
Klik judul baris atau kolom pertama di dalam pilihan Anda; lalu tahan Ctrl saat mengklik judul kolom atau baris dari baris atau kolom lain yang ingin ditambahkan ke pilihan.
Sel pertama atau terakhir dalam sebuah baris atau kolom
Pilih sebuah sel di dalam baris atau kolom, lalu tekan tombol Ctrl+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
Sel pertama atau terakhir di lembar kerja atau dalam tabel Microsoft Office Excel
Tekan Ctrl+Home untuk memilih sel pertama pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel.
Tekan Ctrl+End untuk memilih sel terakhir pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel yang berisi data atau pemformatan.
Sel sampai ke sel yang terakhir digunakan di lembar kerja (sudut kanan bawah)
Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+End untuk memperluas pilihan sel sampai sel yang terakhir digunakan pada lembar kerja (sudut kanan bawah).
Sel sampai ke awal lembar kerja
Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+Home untuk memperluas pilihan sel sampai bagian awal lembar kerja.
Lebih banyak atau sedikit sel daripada pilihan aktif
Tahan Shift saat mengklik sel terakhir yang ingin disertakan dalam pilihan baru. Rentang persegi antara sel aktif dengan sel yang diklik menjadi pilihan baru.
-
Dalam sel aktif, ketikkan data baru atau edit data yang sudah
ada, lalu tekan Enter atau Tab untuk memindahkan pilihan ke sel
berikutnya.
Perubahan diterapkan ke semua lembar kerja yang Anda pilih.
-
Ulangi langkah sebelumnya sampai Anda selesai memasukkan atau mengedit data.
-
Untuk membatalkan pilihan beberapa lembar, klik lembar kerja
mana pun yang tidak dipilih. Jika lembar kerja yang tidak dipilih tidak
terlihat, Anda dapat mengklik kanan tab lembar kerja yang dipilih, lalu
mengklik Pisahkan Grup Lembar.
-
Saat memasukkan atau mengedit data, perubahannya mempengaruhi
semua lembar kerja yang dipilih dan dapat mengganti data tanpa disadari
yang sebenarnya tidak ingin diubah. Untuk menghindari hal ini, Anda
dapat melihat semua lembar kerja secara bersamaan untuk mengidentifikasi
potensi konflik data.
-
Pada tab Tampilan, dalam grup Jendela, klik Jendela Baru.
-
Alihkan ke jendela baru, lalu klik lembar kerja yang ingin Anda lihat.
-
Ulangi langkah 1 dan 2 untuk setiap lembar kerja yang ingin Anda lihat.
-
Pada tab Tampilan, dalam grup Jendela, klik Susun Semua, lalu klik opsi yang Anda inginkan.
-
Untuk menampilkan lembar kerja hanya dalam buku kerja aktif, dalam kotak dialog Susun Jendela, pilih kotak centang Jendela buku kerja aktif.
-
Pada tab Tampilan, dalam grup Jendela, klik Jendela Baru.
Menyesuaikan pengaturan lembar kerja dan format sel
Terdapat beberapa pengaturan dalam Excel yang dapat diubah untuk membantu memudahkan entri data secara manual. Sebagian perubahan mempengaruhi semua buku kerja, sebagian mempengaruhi seluruh lembar kerja, dan sebagian lainnya hanya mempengaruhi sel yang Anda tentukan.Mengubah arah untuk tombol Enter
Bila Anda menekan Tab untuk memasukkan data dalam beberapa sel dalam satu baris lalu menekan Enter di akhir baris tersebut, secara default, pilihan akan pindah ke awal baris selanjutnya.Menekan Enter akan memindahkan pilihan turun satu sel, dan menekan Tab akan memindahkan pilihan satu sel ke kanan. Anda tidak dapat mengubah arah perpindahan untuk tombol Tab, tetapi menentukan arah yang berbeda untuk tombol Enter dapat dilakukan. Mengubah pengaturan ini akan mempengaruhi seluruh lembar kerja, lembar kerja terbuka lainnya, buku kerja terbuka lainnya, dan semua buku kerja baru.
-
Pada tab File, klik Opsi.
-
Dalam kategori Tingkat Lanjut, pada Opsi pengeditan, pilih kotak centang Setelah menekan Enter, pindahkan pilihan, lalu klik arah yang Anda inginkan dalam kotak Arah.
Mengubah lebar kolom
Terkadang, sel mungkin menampilkan #####. Hal ini dapat terjadi ketika sel berisi angka atau tanggal namun lebar kolom tersebut tidak dapat menampilkan semua karakter. Sel dengan format Tanggal “dd/mm/yyyy” misalnya, ditulis 31/12/2015. Namun, kolom tersebut hanya cukup untuk menampilkan 6 karakter. Sel akan menampilkan #####. Untuk melihat seluruh konten sel dengan format saat ini, lebarkan kolom.-
Klik sel yang ingin Anda ubah lebar kolomnya.
-
Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
-
Pada Ukuran Sel, lakukan salah satu hal berikut ini:
-
Agar teks pas dalam sel tersebut, klik Paskan Otomatis Lebar Kolom.
-
Untuk menentukan lebar kolom yang lebih besar, klik Lebar Kolom, lalu ketikkan lebar yang Anda inginkan dalam kotak Lebar kolom.
-
Agar teks pas dalam sel tersebut, klik Paskan Otomatis Lebar Kolom.
Catatan: Sebagai alternatif untuk
menambah lebar sebuah kolom, Anda dapat mengubah format kolom tersebut
atau bahkan masing-masing sel. Misalnya, ubah format tanggal sehingga
tanggal ditampilkan hanya sebagai hari dan bulan (format "dd/mm"),
seperti 31/12, atau mewakili angka dalam format Ilmiah (eksponensial),
seperti 4E+08.
Membungkus teks dalam sel
Anda dapat menampilkan beberapa baris teks di dalam sel dengan membungkus teksnya. Membungkus teks dalam sebuah sel tidak mempengaruhi sel lainnya.-
Klik sel tempat Anda ingin membungkus teks.
-
Pada tab Beranda, dalam grup Perataan, klik Bungkus Teks.

Catatan: Jika teks menggunakan kata
yang panjang, karakter tidak akan terbungkus (kata tidak akan terpisah);
justru, Anda bisa melebarkan kolom atau mengurangi ukuran font untuk
melihat semua teks. Jika seluruh teks tidak terlihat setelah terbungkus,
atur ketinggian baris. Di tab Beranda, dalam grup Sel, klik Format, dan pada Ukuran Sel klik Paskan Otomatis Baris.
Mengubah format angka
Dalam Excel, format sel terpisah dari data yang disimpan dalam sel. Perbedaan tampilan ini dapat berdampak signifikan bila data berupa numerik. Misalnya, bila angka yang Anda masukkan dibulatkan, biasanya hanya angka yang ditampilkan yang dibulatkan. Perhitungan menggunakan angka aktual yang disimpan dalam sel, bukan angka yang diformat yang ditampilkan. Karenanya, perhitungan mungkin tampak tidak akurat karena pembulatan dalam satu atau beberapa sel.Setelah mengetikkan angka dalam sel, Anda dapat mengubah format penampilannya.
-
Klik sel yang berisi angka yang ingin Anda format.
-
Pada Beranda, dalam grup Angka, klik panah di samping kotak Format Angka, lalu klik format yang Anda inginkan.
Untuk memilih format angka dari daftar format yang tersedia, klik Format Angka Lainnya, lalu klik format yang ingin Anda gunakan di daftar Kategori.
Memformat angka sebagai teks
Untuk angka yang tidak boleh dihitung dalam Excel, seperti nomor telepon, Anda dapat memformatnya sebagai teks dengan menerapkan format Teks ke sel-sel kosong sebelum mengetikkan angka.-
Pilih sel kosong.
-
Pada Beranda, dalam grup Angka, klik panah di samping kotak Format Angka, lalu klik Teks.
-
Ketikkan angka yang Anda inginkan dalam sel yang diformat.
Angka yang dimasukkan sebelum Anda menerapkan format Teks ke sel harus dimasukkan lagi dalam sel yang diformat. Untuk memasukkan kembali angka sebagai teks dengan cepat, pilih tiap sel, tekan F2, lalu tekan Enter.
Komentar
Posting Komentar