Langsung ke konten utama

Memasukkan data secara manual dalam sel lembar kerja

Memasukkan data secara manual dalam sel lembar kerja

Anda memiliki beberapa opsi saat ingin memasukkan data secara manual dalam Excel. Masukkan data dalam satu sel, dalam beberapa sel secara bersamaan, atau pada lebih dari satu lembar kerja secara bersamaan. Data dapat berupa angka, teks, tanggal, atau waktu. Anda dapat memformat data dalam berbagai cara. Dan, terdapat beberapa pengaturan yang dapat disesuaikan agar entri data menjadi lebih mudah dilakukan.
Topik ini tidak menjelaskan cara menggunakan formulir data untuk memasukkan data ke dalam lembar kerja. Untuk informasi selengkapnya tentang cara bekerja dengan formulir data, lihat Menambahkan, mengedit, menemukan, dan menghapus baris dengan menggunakan formulir data.
Penting: Jika tidak bisa memasukkan atau mengedit data dalam lembar kerja, mungkin lembar kerja sudah diproteksi oleh Anda atau orang lain untuk mencegah agar data tidak diubah secara tidak sengaja. Pada lembar kerja yang dilindungi, Anda dapat memilih sel untuk melihat data, tetapi tidak akan dapat mengetikkan informasi dalam sel yang dikunci. Dalam banyak kasus, sebaiknya perlindungan tersebut tidak dihapus dari lembar kerja kecuali Anda memiliki izin untuk melakukannya dari orang yang membuatnya. Untuk melindungi lembar kerja, klik Buka Proteksi Lembar dalam grup Perubahan pada tab Tinjau. Jika kata sandi sudah diatur saat perlindungan lembar kerja diterapkan, ketikkan kata sandi tersebut terlebih dahulu untuk membuka perlindungan lembar kerja.

Apa yang ingin Anda lakukan?

Masukkan teks atau angka ke dalam sel
Masukkan angka yang memiliki koma desimal tetap
Masukkan tanggal atau waktu dalam sel
Masukkan data yang sama ke dalam beberapa sel secara bersamaan
Masukkan data yang sama pada beberapa lembar kerja secara bersamaan
Menyesuaikan pengaturan lembar kerja dan format sel
Ubah arah untuk tombol Enter
Ubah lebar kolom
Bungkus teks dalam sel
Ubah format angka
Ubah format angka sebagai teks

Memasukkan teks atau angka di dalam sel

  1. Pada lembar kerja, klik sel.
  2. Ketikkan angka atau teks yang ingin Anda masukkan, lalu tekan Enter atau Tab.
    Untuk memasukkan data pada baris baru di dalam sebuah sel, masukkan hentian baris dengan menekan Alt+Enter.
Atas Halaman

Memasukkan angka yang memiliki koma desimal tetap

  1. Pada tab File, klik Opsi.
  2. Klik Tingkat Lanjut, lalu pada Opsi pengeditan, pilih kotak centang Secara otomatis menyisipkan koma desimal.
  3. Dalam kotak Tempat, masukkan angka positif untuk digit di sebelah kanan koma desimal atau angka negatif untuk digit di sebelah kiri koma desimal.
    Misalnya, jika Anda memasukkan 3 dalam kotak Tempat lalu mengetikkan 2834 dalam sebuah sel, nilainya akan muncul sebagai 2,834. Jika Anda memasukkan -3 dalam kotak Tempat lalu mengetikkan 283, nilainya akan muncul sebagai 283000.
  4. Pada lembar kerja, klik sebuah sel, lalu masukkan angka yang Anda inginkan.
    Data yang Anda ketik dalam sel sebelum memilih opsi Desimal tetap tidak terpengaruh.
    Untuk mengganti sementara opsi Desimal tetap, ketikkan koma desimal saat Anda memasukkan angka tersebut.
Atas Halaman

Memasukkan tanggal atau waktu dalam sel

  1. Pada lembar kerja, klik sel.
  2. Ketikkan tanggal atau waktu sebagai berikut:
    • Untuk memasukkan tanggal, gunakan tanda garis miring atau tanda hubung untuk memisahkan bagian-bagian tanggal, misalnya, ketikkan 5/9/2002 atau 5-Sep-2002.
    • Untuk memasukkan waktu berdasarkan waktu 12 jam, masukkan waktu yang diikuti dengan spasi, kemudian ketik a atau p setelah waktunya; misalnya, 9.00 p. Jika tidak, Excel memasukkan waktu sebagai AM.
      Untuk memasukkan tanggal dan waktu saat ini, tekan Ctrl+Shift+; (titik koma).
  • Untuk memasukkan tanggal atau waktu agar tetap terkini saat Anda membuka kembali lembar kerja, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY dan NOW.
  • Bila memasukkan tanggal atau waktu dalam sel, data akan muncul dengan format tanggal atau waktu default untuk komputer atau dalam format yang diterapkan ke sel sebelum Anda memasukkan tanggal atau waktu. Format tanggal atau waktu default didasarkan pada pengaturan tanggal dan waktu dalam kotak dialog Opsi Wilayah dan Bahasa (Panel Kontrol, Jam, Bahasa, dan Wilayah). Jika pengaturan di komputer telah diubah, tanggal dan waktu dalam buku kerja Anda yang belum diformat dengan menggunakan perintah Format Sel akan ditampilkan sesuai pengaturan tersebut.
  • Untuk menerapkan format tanggal atau waktu default, klik sel yang memuat nilai tanggal atau waktu, lalu tekan Ctrl+Shift+# atau Ctrl+Shift+@.
Atas Halaman

Memasukkan data yang sama ke dalam beberapa sel secara bersamaan

  1. Pilih sel tempat Anda ingin memasukkan tanggal yang sama. Sel tidak harus berdekatan.
    Cara memilih sel
    Untuk memilih
    Lakukan ini
    Sel tunggal
    Klik sel, atau tekan tombol panah untuk memindahkan sel.
    Rentang sel
    Klik sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu seret ke sel terakhir, atau tahan SHIFT sementara Anda menekan tombol panah untuk memperluas pilihan.
    Anda juga bisa memilih sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu menekan F8 untuk memperluas pilihan dengan menggunakan tombol panah. Untuk berhenti memperluas pilihan, tekan F8 lagi.
    Rentang sel yang besar
    Klik sel pertama di dalam rentang, lalu tahan Shift selagi mengklik sel terakhir di dalam rentang. Anda bisa menggulir untuk membuat sel terakhir terlihat.
    Semua sel pada lembar kerja
    Klik tombol Pilih Semua.
    Tombol Pilih Semua
    Untuk memilih keseluruhan lembar kerja, Anda juga bisa menekan Ctrl+A.
    Jika lembar kerja tersebut berisi data, Ctrl+A akan memilih area saat ini. Menekan Ctrl+A yang kedua akan memilih seluruh lembar kerja.
    Sel atau rentang sel yang tidak berdekatan
    Pilih sel pertama atau rentang sel, lalu tahan Ctrl sementara Anda memilih sel atau rentang yang lain.
    Anda juga dapat memilih sel pertama atau rentang pertama, lalu menekan Shift+F8 untuk menambahkan sel atau rentang yang tidak berdekatan lainnya ke pilihan. Untuk berhenti menambahkan sel atau rentang ke pilihan, tekan Shift+F8 lagi.
    Catatan: Anda tidak bisa membatalkan pilihan sel atau rentang sel dalam pilihan yang tidak berdekatan tanpa membatalkan keseluruhan pilihan.
    Keseluruhan baris atau kolom
    Klik judul baris atau kolom.
    Judul lembar kerja
    1. Judul baris
    2. Judul kolom
    Anda juga bisa memilih sel di dalam baris atau kolom dengan memilih sel pertama, lalu menekan tombol Ctrl+Shift+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
    Jika baris atau kolom berisi data, tombol Ctrl+Shift+Panah memilih baris atau kolom untuk sel yang terakhir digunakan. Menekan tombol Ctrl+Shift+Panah yang kedua akan memilih seluruh baris atau kolom.
    Baris atau kolom yang berdampingan
    Seret melintasi judul baris atau kolom. Atau pilih baris atau kolom pertama, lalu tahan Shift selagi memilih baris atau kolom terakhir.
    Baris atau kolom yang tidak berdampingan
    Klik judul baris atau kolom pertama di dalam pilihan Anda; lalu tahan Ctrl saat mengklik judul kolom atau baris dari baris atau kolom lain yang ingin ditambahkan ke pilihan.
    Sel pertama atau terakhir dalam sebuah baris atau kolom
    Pilih sebuah sel di dalam baris atau kolom, lalu tekan tombol Ctrl+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
    Sel pertama atau terakhir di lembar kerja atau dalam tabel Microsoft Office Excel
    Tekan Ctrl+Home untuk memilih sel pertama pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel.
    Tekan Ctrl+End untuk memilih sel terakhir pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel yang berisi data atau pemformatan.
    Sel sampai ke sel yang terakhir digunakan di lembar kerja (sudut kanan bawah)
    Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+End untuk memperluas pilihan sel sampai sel yang terakhir digunakan pada lembar kerja (sudut kanan bawah).
    Sel sampai ke awal lembar kerja
    Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+Home untuk memperluas pilihan sel sampai bagian awal lembar kerja.
    Lebih banyak atau sedikit sel daripada pilihan aktif
    Tahan Shift saat mengklik sel terakhir yang ingin disertakan dalam pilihan baru. Rentang persegi antara sel aktif dengan sel yang diklik menjadi pilihan baru.
    Untuk membatalkan pilihan sel, klik sel mana saja di lembar kerja.
  2. Dalam sel aktif, ketikkan data, lalu tekan Ctrl+Enter.
    Anda juga dapat memasukkan data yang sama ke dalam beberapa sel dengan menggunakan gagang isian Gagang isian untuk mengisi data secara otomatis dalam sel lembar kerja.
    Untuk informasi selengkapnya, lihat artikel Mengisi data secara otomatis dalam sel lembar kerja.
Atas Halaman

Memasukkan data yang sama pada beberapa lembar kerja secara bersamaan

Dengan mengaktifkan beberapa lembar kerja secara bersamaan, Anda bisa memasukkan data baru atau mengubah data yang sudah ada dalam salah satu lembar kerja, dan perubahan tersebut diterapkan ke sel yang sama pada semua lembar kerja yang dipilih.
  1. Klik tab lembar kerja pertama yang berisi data yang ingin Anda edit. Lalu tahan Ctrl saat mengklik tab lembar kerja lain di tempat Anda ingin menyinkronkan data.
    Tombol penggulir tab
    Catatan: Jika tidak melihat tab lembar kerja yang diinginkan, klik tombol penggulir tab untuk menemukan lembar kerja, lalu klik tab-nya. Jika masih tidak dapat menemukan tab lembar kerja yang diinginkan, Anda mungkin perlu memaksimalkan jendela dokumen.
  2. Pada lembar kerja aktif, pilih sel atau rentang yang datanya ingin Anda edit, baik yang sudah ada maupun memasukkan yang baru.
    Cara memilih sel
    Untuk memilih
    Lakukan ini
    Sel tunggal
    Klik sel, atau tekan tombol panah untuk memindahkan sel.
    Rentang sel
    Klik sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu seret ke sel terakhir, atau tahan SHIFT sementara Anda menekan tombol panah untuk memperluas pilihan.
    Anda juga bisa memilih sel pertama di dalam rentang tersebut, lalu menekan F8 untuk memperluas pilihan dengan menggunakan tombol panah. Untuk berhenti memperluas pilihan, tekan F8 lagi.
    Rentang sel yang besar
    Klik sel pertama di dalam rentang, lalu tahan Shift selagi mengklik sel terakhir di dalam rentang. Anda bisa menggulir untuk membuat sel terakhir terlihat.
    Semua sel pada lembar kerja
    Klik tombol Pilih Semua.
    Tombol Pilih Semua
    Untuk memilih keseluruhan lembar kerja, Anda juga bisa menekan Ctrl+A.
    Jika lembar kerja tersebut berisi data, Ctrl+A akan memilih area saat ini. Menekan Ctrl+A yang kedua akan memilih seluruh lembar kerja.
    Sel atau rentang sel yang tidak berdekatan
    Pilih sel pertama atau rentang sel, lalu tahan Ctrl sementara Anda memilih sel atau rentang yang lain.
    Anda juga dapat memilih sel pertama atau rentang pertama, lalu menekan Shift+F8 untuk menambahkan sel atau rentang yang tidak berdekatan lainnya ke pilihan. Untuk berhenti menambahkan sel atau rentang ke pilihan, tekan Shift+F8 lagi.
    Catatan: Anda tidak bisa membatalkan pilihan sel atau rentang sel dalam pilihan yang tidak berdekatan tanpa membatalkan keseluruhan pilihan.
    Keseluruhan baris atau kolom
    Klik judul baris atau kolom.
    Judul lembar kerja
    1. Judul baris
    2. Judul kolom
    Anda juga bisa memilih sel di dalam baris atau kolom dengan memilih sel pertama, lalu menekan tombol Ctrl+Shift+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
    Jika baris atau kolom berisi data, tombol Ctrl+Shift+Panah memilih baris atau kolom untuk sel yang terakhir digunakan. Menekan tombol Ctrl+Shift+Panah yang kedua akan memilih seluruh baris atau kolom.
    Baris atau kolom yang berdampingan
    Seret melintasi judul baris atau kolom. Atau pilih baris atau kolom pertama, lalu tahan Shift selagi memilih baris atau kolom terakhir.
    Baris atau kolom yang tidak berdampingan
    Klik judul baris atau kolom pertama di dalam pilihan Anda; lalu tahan Ctrl saat mengklik judul kolom atau baris dari baris atau kolom lain yang ingin ditambahkan ke pilihan.
    Sel pertama atau terakhir dalam sebuah baris atau kolom
    Pilih sebuah sel di dalam baris atau kolom, lalu tekan tombol Ctrl+Panah (Panah Kanan atau Panah Kiri untuk baris, Panah ke Atas atau Panah ke Bawah untuk kolom).
    Sel pertama atau terakhir di lembar kerja atau dalam tabel Microsoft Office Excel
    Tekan Ctrl+Home untuk memilih sel pertama pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel.
    Tekan Ctrl+End untuk memilih sel terakhir pada lembar kerja atau di dalam daftar Excel yang berisi data atau pemformatan.
    Sel sampai ke sel yang terakhir digunakan di lembar kerja (sudut kanan bawah)
    Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+End untuk memperluas pilihan sel sampai sel yang terakhir digunakan pada lembar kerja (sudut kanan bawah).
    Sel sampai ke awal lembar kerja
    Pilih sel pertama, lalu tekan Ctrl+Shift+Home untuk memperluas pilihan sel sampai bagian awal lembar kerja.
    Lebih banyak atau sedikit sel daripada pilihan aktif
    Tahan Shift saat mengklik sel terakhir yang ingin disertakan dalam pilihan baru. Rentang persegi antara sel aktif dengan sel yang diklik menjadi pilihan baru.
    Untuk membatalkan pilihan sel, klik sel mana saja di lembar kerja.
  3. Dalam sel aktif, ketikkan data baru atau edit data yang sudah ada, lalu tekan Enter atau Tab untuk memindahkan pilihan ke sel berikutnya.
    Perubahan diterapkan ke semua lembar kerja yang Anda pilih.
  4. Ulangi langkah sebelumnya sampai Anda selesai memasukkan atau mengedit data.
  • Untuk membatalkan pilihan beberapa lembar, klik lembar kerja mana pun yang tidak dipilih. Jika lembar kerja yang tidak dipilih tidak terlihat, Anda dapat mengklik kanan tab lembar kerja yang dipilih, lalu mengklik Pisahkan Grup Lembar.
  • Saat memasukkan atau mengedit data, perubahannya mempengaruhi semua lembar kerja yang dipilih dan dapat mengganti data tanpa disadari yang sebenarnya tidak ingin diubah. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat melihat semua lembar kerja secara bersamaan untuk mengidentifikasi potensi konflik data.
    1. Pada tab Tampilan, dalam grup Jendela, klik Jendela Baru.
    2. Alihkan ke jendela baru, lalu klik lembar kerja yang ingin Anda lihat.
    3. Ulangi langkah 1 dan 2 untuk setiap lembar kerja yang ingin Anda lihat.
    4. Pada tab Tampilan, dalam grup Jendela, klik Susun Semua, lalu klik opsi yang Anda inginkan.
    5. Untuk menampilkan lembar kerja hanya dalam buku kerja aktif, dalam kotak dialog Susun Jendela, pilih kotak centang Jendela buku kerja aktif.
Atas Halaman

Menyesuaikan pengaturan lembar kerja dan format sel

Terdapat beberapa pengaturan dalam Excel yang dapat diubah untuk membantu memudahkan entri data secara manual. Sebagian perubahan mempengaruhi semua buku kerja, sebagian mempengaruhi seluruh lembar kerja, dan sebagian lainnya hanya mempengaruhi sel yang Anda tentukan.

Mengubah arah untuk tombol Enter

Bila Anda menekan Tab untuk memasukkan data dalam beberapa sel dalam satu baris lalu menekan Enter di akhir baris tersebut, secara default, pilihan akan pindah ke awal baris selanjutnya.
Menekan Enter akan memindahkan pilihan turun satu sel, dan menekan Tab akan memindahkan pilihan satu sel ke kanan. Anda tidak dapat mengubah arah perpindahan untuk tombol Tab, tetapi menentukan arah yang berbeda untuk tombol Enter dapat dilakukan. Mengubah pengaturan ini akan mempengaruhi seluruh lembar kerja, lembar kerja terbuka lainnya, buku kerja terbuka lainnya, dan semua buku kerja baru.
  1. Pada tab File, klik Opsi.
  2. Dalam kategori Tingkat Lanjut, pada Opsi pengeditan, pilih kotak centang Setelah menekan Enter, pindahkan pilihan, lalu klik arah yang Anda inginkan dalam kotak Arah.

Mengubah lebar kolom

Terkadang, sel mungkin menampilkan #####. Hal ini dapat terjadi ketika sel berisi angka atau tanggal namun lebar kolom tersebut tidak dapat menampilkan semua karakter. Sel dengan format Tanggal “dd/mm/yyyy” misalnya, ditulis 31/12/2015. Namun, kolom tersebut hanya cukup untuk menampilkan 6 karakter. Sel akan menampilkan #####. Untuk melihat seluruh konten sel dengan format saat ini, lebarkan kolom.
  1. Klik sel yang ingin Anda ubah lebar kolomnya.
  2. Pada tab Beranda, di grup Sel, klik Format.
    Grup Sel pada tab Beranda
  3. Pada Ukuran Sel, lakukan salah satu hal berikut ini:
    • Agar teks pas dalam sel tersebut, klik Paskan Otomatis Lebar Kolom.
    • Untuk menentukan lebar kolom yang lebih besar, klik Lebar Kolom, lalu ketikkan lebar yang Anda inginkan dalam kotak Lebar kolom.
Catatan: Sebagai alternatif untuk menambah lebar sebuah kolom, Anda dapat mengubah format kolom tersebut atau bahkan masing-masing sel. Misalnya, ubah format tanggal sehingga tanggal ditampilkan hanya sebagai hari dan bulan (format "dd/mm"), seperti 31/12, atau mewakili angka dalam format Ilmiah (eksponensial), seperti 4E+08.

Membungkus teks dalam sel

Anda dapat menampilkan beberapa baris teks di dalam sel dengan membungkus teksnya. Membungkus teks dalam sebuah sel tidak mempengaruhi sel lainnya.
  1. Klik sel tempat Anda ingin membungkus teks.
  2. Pada tab Beranda, dalam grup Perataan, klik Bungkus Teks.
Grup Perataan pada tab Beranda
Catatan: Jika teks menggunakan kata yang panjang, karakter tidak akan terbungkus (kata tidak akan terpisah); justru, Anda bisa melebarkan kolom atau mengurangi ukuran font untuk melihat semua teks. Jika seluruh teks tidak terlihat setelah terbungkus, atur ketinggian baris. Di tab Beranda, dalam grup Sel, klik Format, dan pada Ukuran Sel klik Paskan Otomatis Baris.
Untuk informasi selengkapnya tentang membungkus teks, lihat artikel Membungkus teks di dalam sel.

Mengubah format angka

Dalam Excel, format sel terpisah dari data yang disimpan dalam sel. Perbedaan tampilan ini dapat berdampak signifikan bila data berupa numerik. Misalnya, bila angka yang Anda masukkan dibulatkan, biasanya hanya angka yang ditampilkan yang dibulatkan. Perhitungan menggunakan angka aktual yang disimpan dalam sel, bukan angka yang diformat yang ditampilkan. Karenanya, perhitungan mungkin tampak tidak akurat karena pembulatan dalam satu atau beberapa sel.
Setelah mengetikkan angka dalam sel, Anda dapat mengubah format penampilannya.
  1. Klik sel yang berisi angka yang ingin Anda format.
  2. Pada Beranda, dalam grup Angka, klik panah di samping kotak Format Angka, lalu klik format yang Anda inginkan.
    Kotak Format Angka di tab Beranda
    Untuk memilih format angka dari daftar format yang tersedia, klik Format Angka Lainnya, lalu klik format yang ingin Anda gunakan di daftar Kategori.

Memformat angka sebagai teks

Untuk angka yang tidak boleh dihitung dalam Excel, seperti nomor telepon, Anda dapat memformatnya sebagai teks dengan menerapkan format Teks ke sel-sel kosong sebelum mengetikkan angka.
  1. Pilih sel kosong.
  2. Pada Beranda, dalam grup Angka, klik panah di samping kotak Format Angka, lalu klik Teks.
    Kotak Format Angka di tab Beranda
  3. Ketikkan angka yang Anda inginkan dalam sel yang diformat.
    Angka yang dimasukkan sebelum Anda menerapkan format Teks ke sel harus dimasukkan lagi dalam sel yang diformat. Untuk memasukkan kembali angka sebagai teks dengan cepat, pilih tiap sel, tekan F2, lalu tekan Enter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi-fungsi menu dan icon pada Mozilla Firefox

Fungsi-fungsi menu dan icon pada Mozilla Firefox . Tapi kali ini saya akan membahas apa saja Menu dan icon pada Mozilla Firefox dan fungsinya. Menu-menunya yang terdapat pada firefox adalah File, Edit, View, History, Bookmarks, Tool, dan Help. Setiap menu memiliki menu-menu lagi di dalamnya dan juga fungsi-fungsi khusus. a. Menu yang terdapat di menu file antara lain : New Windows, New Tab, Open Location, Open File, Close, Save Page As, Save Frame As, Send Link, Page Set Up, Print Preview, Print, Import, Work Offline, dan Exit. b. Menu yang terdapat dalam menu Edit : Undo, Redo, Cut, Copy, Paste, Delete, Select All, Find in this page, dan Find Again. c. Menu yang terdapat di menu View antara lain : Toolbar, Status Bar, Sidebar, Sop, Reload, Text Size, Page Style, Character Encoding, Page Source, dan Full Screen. d. Menu yang terdapat di menu History antara lain : Back, Forward, Recently Closed Tabs, dan Show in side bar. e. Menu yang terdapat di menu

Tampilan dan Fungsi Bagian-bagian Halaman Google

Tampilan dan Fungsi Bagian-bagian Halaman Google Beberapa waktu lalu (07/05) Google telah memperbaharui tampilan halaman penelusurannya, dalam tampilan yang baru ini terlihat lebih menarik, ringkas, dan sederhana. Untuk mendapatkan pencarian yang kita inginkan dan untuk memaksimalkan penggunaan penelusuran Google tentu kita perlu memahami menu bagian-bagian dan fungsi-fungsinya. Pada halaman penelusuran Google, memiliki bagian-bagian berikut :  1. Header Header dalam halaman terdapat pada sisi kiri dan kanan bagian atas, yang terdiri dari: Google product bar. Google product bar merupakan deretan menu yang terdapat di header sebelah kiri, disini terdapat berbagai pilihan menu yang merupakan produk-produk Google. Search Settings, Sign in/out, Web history. Ketiga menu ini terdapat di bagian header sebelah kanan. Search setting dapat membantu kamu dalam melakukan pencarian dengan bahasa tertentu atau menampilkan jumlah pencarian lebih dari 10 hasi

Definisi IRC (Internet Relay Chat) dan VOIP

Definisi IRC (Internet Relay Chat) dan VOIP IRC Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan. CONTOH: Beberapa situs IRC adalah untuk umum. Biasanya situs ini sangat padat karena banyak pengguna yang terhubung ke dalamnya. Berikut beberapa alamat client milik umum • sci.dixie.edu 6677 • exuokmas.ecn.uoknor.edu 6533 • obelix.wu-wien.ac.at 6996 • irc.tuzvo.sk 6533 • irc.nsycu.edu.tw 6533 Beberapa perintah dasar IRC • /Bye untuk keluar dari channel dan program IRC • /Help untuk meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perint