Langsung ke konten utama

macam macam istilah dalam internet

ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET

Sebelum kita bahas lebih lanjut berikut saya paparkan beberapa istilah-istilah dalam Internet.(dari buku "Panduan Praktis Menguasai Internet";Ibnu Azis,;itra Media)
  1. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line): Sebuah tipe DSL, dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini,downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit perdetik) untuk upstream.
  2. AND (Advanced Digital Network)
  3. ARPANET (Advanced Research Project Agency Network): Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dg sistem yang berbeda pula tapi dapat di akses sebagai sebuah kesatuan utk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.
  4. ASCII (American Standard Code for Information Interchange): Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter,baik huruf,angka maupun simbol yg digunakan oleh komputer.terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner,mulai dari 0000000 hingga 1111111.
  5. Attachment atau lampiran: Biasanya disertakan ketika menggunakan email dalam bentuk dokumen,baik file, tulisan,gambar atau video.
  6. Backbone: Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.
  7. Bandwith: Besaran yang menunjukan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.
  8. Banner: Media Informasi dalam bentuk image atau gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.
  9. Browser: Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web.
  10. Byte: Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte terdiri dari 8 bit, bisa lebih,tergantung besaran yang digunakan.
  11. Chat: Secara awam, chat dapat diartikan sebagai obrolan. Namun dalam dunia internet istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui media baris-baris tulisan singkat yg diketik melalui keyboard.
  12. Chatting : Istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.
  13. Client : Sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah di olah oleh server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan atau digunakan oleh seorang user.
  14. Dial-Up: Jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telepon.
  15. Dial-Up Networking: Fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan utk melakukan koneksi Dial-Up.
  16. Domain Name: Nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
  17. DNS : (Domain Name Service): Merupakan layanan di internet utk jaringan yang menggunakan TCP/IP.
  18. DSL (Digital Subscriber Line): Sebuah metode transfet data melalui saluran telepon reguler.
  19. Download: Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.
  20. E-Commerce (Electronic Commerce): Istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronik di internet, baik Business to Business E-commerce maupun Business to Customer E-commerce.
  21. Email (Electronic Mail): Pesan,biasanya berupa teks yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
  22. GPRS (General Packet Radio Service): Salah satu standar komunikasi wireles (nirkabel). 
  23. Homepage/ Home Page: halaman muka sebuah situs web.
  24. Host : Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.
  25. HTML (Hypertext Markup Language): salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.
  26. HTTP (Hypertext Transfer Protocol): Protokol yang didesain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.
  27. HTTPD: (Lihat World Wide Web)
  28. Internet: Sejumlah besar network yang membentuk jaringan interkoneksi (inter-connected network) yg terhubung melalui protokol TCP/IP dan kemungkinan merupakan jaringan WAN terbesar saat ini.
  29. Login: Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup,terdiri dri username (login name) dan password(tata kunci).
  30. Mailing List: sering di istilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yg digunakan sekelompok pengguna internet utk melakukan kegiatan tukar menukar informasi.
  31. Network: Sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yg digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet adalah sebuah network dg sekala yang sangat besar.
  32. Upload: Kegiatan pengiriman data (brp file) dari komputer satu ke komputer lain yang terhubung dalam sebuah network.
  33. URL (Uniform Resource Locator): alamt yg menunjuk ke sebuah resource di internet.
  34. Webmail: Fasilitas pengiriman,penerimaan,maupun pembacaan email melalui sarana web.
  35. WWW (World Wide Web): Sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks,gambar , suara dll dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat di akses perangkat lunak yg disebut browser.
Dan masih banyak lagi istilah-istilah internet yang belum penulis sebutkan di sini. Mungkin lain waktu bisa saya lanjutkan atau mungkin ada pembaca yang ingin menambahkan info seputar istilah2 dalam dunia internet bisa disampaikan dalam form comment di bawah. Di postingan berikutnya saya akan mencoba memberikan informasi bagaimana menggunakan internet,membuka situs,mencari data dan informasi,membuat Email,membuat akun facebook dll. Semoga bisa bermanfaat.http://belajar-internet-youk.blogspot.co.id/2012/06/beberapa-istilah-dalam-internet.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi-fungsi menu dan icon pada Mozilla Firefox

Fungsi-fungsi menu dan icon pada Mozilla Firefox . Tapi kali ini saya akan membahas apa saja Menu dan icon pada Mozilla Firefox dan fungsinya. Menu-menunya yang terdapat pada firefox adalah File, Edit, View, History, Bookmarks, Tool, dan Help. Setiap menu memiliki menu-menu lagi di dalamnya dan juga fungsi-fungsi khusus. a. Menu yang terdapat di menu file antara lain : New Windows, New Tab, Open Location, Open File, Close, Save Page As, Save Frame As, Send Link, Page Set Up, Print Preview, Print, Import, Work Offline, dan Exit. b. Menu yang terdapat dalam menu Edit : Undo, Redo, Cut, Copy, Paste, Delete, Select All, Find in this page, dan Find Again. c. Menu yang terdapat di menu View antara lain : Toolbar, Status Bar, Sidebar, Sop, Reload, Text Size, Page Style, Character Encoding, Page Source, dan Full Screen. d. Menu yang terdapat di menu History antara lain : Back, Forward, Recently Closed Tabs, dan Show in side bar. e. Menu yang terdapat di menu

Tampilan dan Fungsi Bagian-bagian Halaman Google

Tampilan dan Fungsi Bagian-bagian Halaman Google Beberapa waktu lalu (07/05) Google telah memperbaharui tampilan halaman penelusurannya, dalam tampilan yang baru ini terlihat lebih menarik, ringkas, dan sederhana. Untuk mendapatkan pencarian yang kita inginkan dan untuk memaksimalkan penggunaan penelusuran Google tentu kita perlu memahami menu bagian-bagian dan fungsi-fungsinya. Pada halaman penelusuran Google, memiliki bagian-bagian berikut :  1. Header Header dalam halaman terdapat pada sisi kiri dan kanan bagian atas, yang terdiri dari: Google product bar. Google product bar merupakan deretan menu yang terdapat di header sebelah kiri, disini terdapat berbagai pilihan menu yang merupakan produk-produk Google. Search Settings, Sign in/out, Web history. Ketiga menu ini terdapat di bagian header sebelah kanan. Search setting dapat membantu kamu dalam melakukan pencarian dengan bahasa tertentu atau menampilkan jumlah pencarian lebih dari 10 hasi

Definisi IRC (Internet Relay Chat) dan VOIP

Definisi IRC (Internet Relay Chat) dan VOIP IRC Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang dapat diandalkan. CONTOH: Beberapa situs IRC adalah untuk umum. Biasanya situs ini sangat padat karena banyak pengguna yang terhubung ke dalamnya. Berikut beberapa alamat client milik umum • sci.dixie.edu 6677 • exuokmas.ecn.uoknor.edu 6533 • obelix.wu-wien.ac.at 6996 • irc.tuzvo.sk 6533 • irc.nsycu.edu.tw 6533 Beberapa perintah dasar IRC • /Bye untuk keluar dari channel dan program IRC • /Help untuk meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perint